Bisnis Online Maniac

Informasi, Panduan dan Tips Tentang Bisnis Online

Web Hosting Indonesia

7 Langkah Memulai dan Sukses di Bisnis Afiliasi

Yap, hanya diperlukan 7 langkah dasar saja untuk memulai dan sukses bisnis afiliasi, tetapi 7 langkah yang Anda akan lakukan adalah menaiki tangga, jadi tidak akan semudah yang Anda fikirkan. Sekali lagi, jika Anda berniat untuk mencari uang cepat dari bisnis Afiliasi, lebih baik Anda mencoba bisnis lain. Bisnis afiliasi memerlukan kerja keras dan konsistensi, bukan untuk menakuti, tapi pada awal mengerjakan bisnis ini Anda akan menghabiskan waktu banyak didepan komputer. Tidak percaya? coba baca sampai habis, Anda akan dapat membayangkan kerjaan yang akan Anda kerjakan.

Langkah #1: Mencari Niche atau Kata kunci

Saya akan melewatkan cara persiapan seperti memiliki Akun email dan Akun Paypal. Yang saya maksud disini adalah mencari "niche". Apa itu niche?

Niche artinya sebuah topik tertentu atau lebih mudah disebut dengan kata kunci. Cakupan kata kunci bisa luas seperti golf, mobil, tenis, internet, gadget, celebrities, fashion dll. Dapat juga berarti sempit seperti "blackberry" atau lebih sempit lagi seperti "blackberry curve 8310".

Kata kunci diperlukan untuk memfokuskan promosi dan penjualan Anda, jika Anda berencana untuk menjual mobil maka kata kunci yang cocok pastinya "mobil". Untuk memulai bisnis afiliasi, Anda harus mencari kata kunci yang sesuai dan memiliki kompetisi pasar yang tidak terlalu tinggi.

Perlu Anda catat sekarang bahwa sasaran Anda adalah muncul di halaman pertama hasil pencarian google atas kata kunci yang Anda mau.

Sebagai contoh jika Anda ingin menjual mobil, maka pasti kata kunci yang akan anda gunakan adalah "mobil" atau "car". Sekarang coba cari di google.com. Berapa banyak website yang muncul ketika ada memasukan kata mobil atau car?




Ini adalah hasil pencarian google bulan Januari tahun 2010, Bayangkan kompetisi pasarnya jika Anda menggunakan kata kunci "car".. 788 juta website! Atau bahkan dengan cakupan yang lebih sedikit, kata kunci "mobil" menghasilkan.. 144 juta!. Memang tidak mungkin jika website Anda dapat masuk ke halaman pertama Google dengan niche "car" tetapi Anda akan membutuhkan waktu tahunan! Apalagi jika pada halaman pertama hasil pencarian google, semua website yang muncul memiliki PageRank yang tinggi, Maka akan sangat sulit sekali Anda menembus pasar.

Saran saya, fokus ke kata kunci yang mikro dulu, Anda dapat memperkecil kompetisi dan membuat Web/Blog Anda lebih maksimal. Kita akan bermain secara vertikal bukan horizontal. Pada saatnya nanti Anda dapat memperbesar cakupan kata kunci Anda.

Untuk mencari kata kunci yang sesuai, baca artikel saya tentang "Tips Mencari Niche atau Kata Kunci" setelah itu tekan "back" untuk kembali ke halaman ini. Mohon maaf supaya halamannya tidak terlalu panjang, saya harus memisahkan halaman ini menjadi beberapa halaman.


Langkah #2: Mencari Produk

Setelah Anda mendapatkan kata kunci yang sesuai dan optimal, kini saatnya mencari produk yang sesuai. Untuk mencari produk tersebut, Anda dapat bergabung dengan beberapa program afiliasi di Internet seperti:

Dari list diatas, hanya Amazon yang memiliki program afiliasi dikelola sendiri, sisanya adalah network afiliasi yang mengelola beberapa perusahaan. Anda akan menemukan banyak sekali produk yang dapat Anda jual disana. Yang perlu Anda ketahui adalah list diatas hanya sebagian kecil perusahaan afiliasi yang ada di Internet. Terdapat ratusan perusahaan lainnya yang menyediakan program afiliasi.

Jika Anda tidak dapat menemukan produk yang sesuai dengan kata kunci Anda, mungkin lebih baik Anda kembali ke langkah pertama yaitu mencari kata kunci lagi yang lebih menjual atau Anda dapat mencari di google perusahaan yang sesuai yang menyediakan program afiliasi.

Untuk memaksimalkan pendapatan Anda, ada beberapa pertimbangan dalam memilih produk:
  1. Produk yang lebih banyak terjual di internet adalah buku, majalah, gadget dan barang-barang lainnya dengan harga kurang dari 40$. Yang menjadi pertimbangan adalah berapa besar komisi yang Anda terima? jika komisinya terlalu kecil, maka Anda hanya akan mengumpulkan recehan.
  2. Lihat apakah ada permintaan atas produk tersebut? biasanya di halaman network affiliate terdapat statistik penjualannya.
  3. Lihat apakah banyak saingan, Anda dapat mengetahuinya jika Anda sering browsing ke blog atau ke website orang lain apakah mereka rata-rata menampilkan banner yang sama?
Untuk awal bermain di bisnis afiliasi, saya sarankan Anda mencoba dengan menjual produk Amazon karena jumlahnya banyak sekali dan kemungkinan besar Anda akan menemukan barang yang sesuai dengan kata kunci Anda. Nilai komisi dari Amazon berkisar antara 4% - 15% tergantung dari produknya.

Jika Anda sudah menemukan produk yang sesuai, sekarang saatnya Anda membuat halaman promosi Anda.


Langkah #3: Membuat Halaman Website

Ini adalah langkah yang sangat penting, tetapi tidak sesulit yang Anda fikirkan. Untuk memulai memasarkan produk tersebut, Anda harus membuat sebuah halaman website. Jika Anda tahu cara membuat website, ini adalah bagian yang mudah.
Jika Anda tidak tahu cara membuat website, ada beberapa pilihan untuk Anda:
  1. Mencari jasa pembuatan website
    Kelebihannya adalah website Anda akan terlihat profesional dan Anda tidak perlu pusing untuk membuatnya menarik.
    Kekurangannya adalah Anda perlu mengeluarkan biaya lebih yang artinya tidak sesuai dengan tujuan awal bisnis ini.
  2. Membuat sendiri website dengan menggunakan software khusus seperti XsitePro, CofeeCup, Dreamweaver, Site Built it dll.
    Kekurangannya adalah Anda perlu mengeluarkan biaya lebih untuk memberli software tersebut.
  3. Membuat sendiri website dengan layanan gratis di internet.
    Anda dapat membuat website sendiri cukup mudah, misalnya dengan menggunakan layanan google sites, atau website lain yang menyediakan layanan ini.
  4. Membuat Blog
    Untuk nomor 4 ini kenapa saya menebalkan tulisannya, karena ini adalah saran saya jika Anda pemula dalam membuat website. Blog mempunyai keunggulan yaitu gampang dibuat, cepat terkenal karena ngeblog sekarang sedang trend. Kekurangannya adalah alamat urlnya menjadi alamat blog seperti blog saya ini, terkadang kurang dianggap profesional jika Anda menggunakannya untuk tujuan komersil. Kekurangan lainnya, sulit dimodifikasi sesuai dengan keinginan Anda.

Membuat website untuk menawarkan barang juga ada aturannya dan yang terbaik adalah membuat sebuah website yang bertujuan untuk membantu menyelesaikan masalah orang lain! Tentunya tujuan lainnya adalah menjual produk. Cara termudah untuk menjual produk adalah dengan membuat review atas produk tersebut dan membuat komparasi dengan produk lainnya.

Isi website atau blog Anda dengan sesuatu yang menarik untuk dibaca. Keberhasilan Anda menarik pengunjung sampai membeli produk adalah tergantung dari apa yang mereka baca.

Saya tidak akan menjelaskan secara detil disini bagaimana cara membuat website atau blog. Untuk membuat blog, Anda dapat membaca artikel saya di "Cara Membuat Blog dengan Blogger" dan "Cara Mengoptimalkan Blog Anda Untuk Search Engine"


Langkah #4: Menyisipkan Link Produk

Langkah selanjutnya adalah menyisipkan link produk yang akan Anda tawarkan.Ada beberapa pilihan untuk menyisipkan link:
  1. Text Link, artinya Anda dapat menyisipkan nama produk tersebut di halaman web Anda, atau bahkan menyisipkannya di salah satu kalimat pada artikel Anda.
  2. Product Image, artinya Anda akan menyisipkan gambar produk yang Anda jual.
Ingat bahwa tujuan Anda disini adalah untuk menolong pengunjung menentukan apakah mereka akan membeli produk tersebut atau tidak. Salah satu teknik yang sering berhasil adalah perlahan-lahan membawa pengunjung untuk membeli produk tersebut. Dimulai dengan menjelaskan masalah apa saja yang terjadi kemudian menjelaskan solusi yang terbaik untuk Anda dan di akhir artikel Anda, terdapat link ke produk tersebut dengan kata-kata seperti "Find out more".

Tugas Anda adalah untuk membantu pengunjung membuat keputusan untuk masuk ke link tersebut, bukan menjual produk. Merangsang pengunjung untuk membeli adalah tugas dari perusahaan tersebut dihalaman yang bersangkutan karena itu adalah halaman terakhir yang pengunjung lihat setelah website Anda.


Langkah #5: Memasarkan website Anda


Setelah selesai membuat halaman web Anda, sekarang tugas Anda adalah memasarkan website Anda untuk mencari pengunjung potensial. Untuk mencari jumlah pengunjung yang banyak, Anda memerlukan posisi yang baik di hasil pencarian google. Untuk mendapatkan posisi yang baik, diperlukan banyak backlink (link menuju website Anda dari website lain). Sedangkan Untuk mendapatkan banyak backlink, cara yang termudah adalah dengan mendaftarkan website Anda di beberapa direktori dan mesin pencari di internet.

Berikut ini adalah hal yang perlu Anda kerjakan sekarang:
  1. Daftarkan website Anda di beberapa mesin pencari di internet:

    • Google.com
    • Yahoo.com (Klik di "Submit Your Site" di bagian bawah)
    • DMOZ.org
      DMOZ adalah direktori yang memiliki PageRank yang tinggi dan sering digunakan oleh layanan mesin pencari lain selain google.
  2. Daftarkan website Anda di layanan direktori yang jumlahnya ribuan di Internet dan hampir setengahnya adalah gratis. Coba cari di google dengan kata kunci "directory" atau "free directory" atau lihat di list direktori saya di artikel lain (segera dibuat +4500 direktori)
  3. Daftar ke forum yang berhubungan dengan topik Anda dan simpan alamat website Anda pada signature Anda. Aktiflah dalam forum tersebut.
  4. Buat artikel dan kirimkan ke web khusus artikel seperti EzineArticles Submission atau GoArticles.com  dan simpan alamat website anda di bagian author atau penulis, karena jika artikel Anda menarik, akan banyak orang lain yang akan membaca artikel tersebut dan masuk ke website Anda.
  5. Tukar link Anda dengan website yang bertopik sama dan memiliki PageRank lebih tinggi.
  6. Daftar di social bookmarking website seperti Stumbleupon.com. Stumbleupon dapat membuat website Anda dikunjungi banyak pengunjung apalagi jika artikelnya menarik.
  7. Daftar di social networking site seperti facebook, twitter, dll. cari teman sebanyak-banyaknya dan coba promosikan website Anda disana.
Butuh proses beberapa hari hingga bulan untuk website Anda sampai naik ke posisi teratas, dengan mempertimbangkan beberapa faktor juga seperti bagaimana kualitas backlink ke website Anda, optimasi keyword, isi website, umur website dan lain-lain.

Langkah #6: Update Website Anda

Setelah selesai melakukan 5 langkah diatas, selama menunggu waktu website Anda naik ke posisi atas, update terus website Anda karena google suka dengan website yang sering di update. Minimal buatlah 1 artikel setiap 2 hari.

Buatlah artikel yang juga masih berhubungan dengan kata kunci yang bersangkutan.

Langkah #7: Sabar, Belajar dari Kesalahan dan Perbaiki


Sabar karena butuh waktu yang tidak sebentar bagi website Anda untuk mendapatkan banyak pengunjung. Mungkin membutuhkan waktu 3 minggu, bahkan ada yang membutuhkan waktu lebih dari 1 tahun. Untuk bersaing dengan kompetitor besar, mungkin butuh waktu bertahun-tahun dan terus mengisi website Anda dengan artikel yang baru.

Belajar dari kesalahan, perhatikan website orang lain, bandingkan dengan website Anda. Perhatikan apa yang kurang dan buat sebuah perubahan kecil di website Anda.

Bereksperimenlah dengan website Anda, dan perbaiki setiap kesalahan kekurangan yang ada.


Mohon maaf penjelasannya tidak bisa terlalu panjang, karena waktu yang terbatas dan juga banyak hal lain yang saya belum sempat tulis disini, tapi tenang saja, untuk memulai bisnis ini, saya rasa dengan membaca artikel ini cukup untuk memberi Anda bayangan harus memulai dari mana. Mudah-mudahan Artikel ini bermanfaat untuk Anda. Sering-seringlah datang ke artikel ini karena saya akan memperbaiki dan menambah isinya supaya lebih detil lagi.

Erick Wesz

0 comments:

Post a Comment

Silakan isi komentar dan pertanyaan Anda disini, tapi jangan nge-junk ya. Thanks.


ShoutMix chat widget
About Me
Saya adalah seorang pengguna aktif internet, hobi mencari tahu semua tentang internet dan sekarang sedang fokus mengembangkan bisnis di internet. Btw saya juga professional magician, Anda dapat menemukan saya di "Book of Magic" (Deddy Corbuzier) yang di jual di Gramedia. <- Promosi..
Hv Fun Reading This Blog!

Jika ada pertanyaan atau hanya sekedar basa basi silakan add ym saya di ez_perth[at]yahoo.com atau boleh email saya di erick.wesz[at]gmail.com